Apa itu PDT barcode ?

Istilah PDT dikenal di lingkungan orang-orang yang menggunakan barcode system. Namun banyak yang masih awam mengenai apa itu pdt barcode. PDT sendiri merupakan singkatan Portable Data Terminal. PDT ini adalah sebuah perangkat pembaca barcode yang berjenis mobile yang bekerja tanpa menggunakan kabel yang tersambung  ke komputer.

Bentuk fisiknya biasanya seperti sebuah handphone, sebagiannya masih memiliki tombol keypad dan memiliki layar LCD sebagai tampilan informasi dan terdapat sebuah modul scan engine yang berfungsi memproduksi laser pembaca barcode.

Apa itu PDT barcode

Jika anda pernah kebetulan melihat kurir Fedex, DHL atau TNT mampir mengirimkan paket barang ke kantor anda, coba perhatikan alat yang biasa tergantung di pinggang mereka, bentuknya seperti handphone namun cukup besar dan tebal jika dibandingkan dengan sebuah smartphone. Ketika paket selesai diterima oleh resepsionis anda, kurir-kurir tersebut melakukan scan pada barcode yang tertempel pada paket anda. Alat itulah yang dinamakan PDT.

Dibeberapa vendor atau manufacture peralatan barcode, jenis barcode scanner ini dinamakan juga, mobile computer atau barcode scanner wireless. Sesuai dengan namanya perangkat ini berfungsi sebagai pembaca barcode namun ditambah dengan kemampuan mengolah data secara mandiri layaknya sebuah komputer dan memiliki beberapa jenis konektifitas yang biasa terdapat pada sebuah smartphone (GPRS, Wifi, Bluetooth, PTT dll) yang berguna untuk mengirimkan data ke pusat data/server.

Penggunaan PDT pada dunia industri sebenarnya cukup luas dan bervariasi, tidak hanya sekedar di dunia logistik dan delivery  seperti yang disebutkan diatas, namun seringnya digunakan dalam penerapan sistem inventory dan work in process dalam industry manufacture dan warehouse.

Karena kemampuan dan fungsi dari PDT sebagai barcode reader yang bisa bekerja layaknya sebuah perangkat komputer dan handphone yaitu mampu mengolah data, menjalankan aplikasi atau software dan terkoneksi dengan internet untuk melakukan komunikasi dan transfer data (kecuali harganya yang relatif mahal di bandingkan dengan sebuah smartphone keluaran terbaru) maka PDT sangat tepat digunakan sebagai perangkat barcode dalam pengaplikasian sistem fixed asset management & tracking.

Dengan mengutamakan aspek tracking dan keakuratan dalam mengidentifikasi sebuah fixed asset maka penggunaan PDT saat proses identifikasi dan tracking asset menjadi tidak terelakkan. Dengan menggunakan aplikasi yang dibuat secara native pada perangkat PDT maka sistem fixed asset management mampu bekerja secara terintegrasi dan otomatis pada perangkat PDT.

Untuk itu faktor teknologi yang diusung dan fitur-fitur yang tersedia pada software fixed asset management & tracking sangat mempengaruhi kemampuan dan manfaat yang dapat anda peroleh dari sebuah aplikasi jenis ini.