Mengapa Memilih Aplikasi Asset Tracking berbasis Web ?

Salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh perusahaan besar maupun kecil di hampir setiap industri adalah pelacakan lokasi, kondisi, pemeliharaan dan penyusutan nilai aset vital. Data ini terus berubah seiring dengan berpindahnya aset dari satu departemen ke departemen lain, perpindahan user pengguna, aktifitas penggunaan diluar kantor dan lain-lain. Dengan adanya kendala tersebut seharusnya perusahaan menggunakan aplikasi asset tracking berbasis web untuk memudahkan dalam memelihara aset yang bergerak. Dan mengapa anda harus memilih aplikasi asset tracking berbasis web ?

aplikasi asset tracking berbasis web

Pelacakan aset dengan cara manual seperti menggunakan Microsoft Excel, rentan terhadap kesalahan manusia dan data yang didapatkan tidak dapat dipastikan bahwa data tersebut update dengan kondisi aktual aset. Dengan cara manual tersebut, efeknya perusahaan akan mengalami kesulitan untuk memonitor aset mereka sehingga resiko kehilangan aset dan gagal dalam menerapkan sistem pemeliharaan aset secara otomatis menghasilkan kerugian bagi perusahaan.

Kemudian menggunakan aplikasi berbasis desktop juga sulit untuk memungkinkan bekerja secara kolaborasi antar user pengguna aplikasi ini secara bersama-sama, online dan real time.

Dan jangan lupa, dengan berkembangnya teknologi saat ini yang ke arah teknologi mobile menjadikan gaya hidup dan cara kita bekerja saat ini lebih tergantung dan mengandalkan perangkat mobile yang berupa smartphone dan tablet dari pada menggunakan komputer desktop. Untuk itu aplikasi – aplikasi maupun software yang kita temui dalam kehidupan sehari – hari dan dunia kerja saat ini telah menjadikan kemampuan sebuah aplikasi bisa berjalan di sebuah sistem web based menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi asset tracking yang masih berbasis desktop sudah tidak menjadi pilihan yang menguntungkan lagi secara jangka panjang.

Aplikasi asset tracking berbasis web yang bekerja secara online, bisa diakses oleh perangkat apapun dan juga memiliki versi mobilenya sendiri dan menjadikannya aplikasi yang praktis dan bisa digunakan untuk melakukan pelacakan aset dari mana saja, dan kapan saja. Dengan mobile app yang bisa diinstall pada perangkat smartphone atau pada PDT akan menjadikan proses audit dan stock opname menjadi lebih mudah.