Pentingnya Manajemen Aset Tetap ditengah COVID-19

Pentingnya Manajemen Aset Tetap ditengah COVID-19

Pada perusahaan dengan model bisnis yang intensif menggunakan aset tetap, manajemen dan pemeliharaan aset tetap adalah kunci keberlangsungan kegiatan perusahaan. Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan nilai maksimum dari sebuah investasi aset tetap. Strategi digital aset tetap adalah bekal untuk menghadapi skenario darurat yang tidak bisa diprediksi seperti saat ini. Pandemi COVID-19 menyebabkan sebagian kegiatan perusahaan mengalami kelumpuh total. Perusahaan tentu memerlukan strategi manajemen aset yang mudah diakses saat COVID-19, akurat dan juga fleksibel. Tentunya sistem ini juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan sesuai dengan kondisi saat ini.

Penggunaan sistem manajemen aset digital memungkinkan perusahaan dapat menangani kegiatan operasional secara lebih efisien. Sistem ini juga membantu perusahaan mengelola kegiatan dan tim dari jarak jauh, meminimalkan pergerakan orang dan mengendalikan risiko yang ada.

Strategi Digital Manajemen Aset Tetap

Beberapa bulan terakhir banyak perusahaan yang telah menerapkan Working From Home (WFH) akibat dari COVID-19. Hal ini mengajarkan kita bahwa pentingnya memiliki perspektif digital di perusahaan. Bagi mereka yang telah menerapkan kerja jarak jauh dan telah men-digitalisasi sistem mereka, upaya untuk melanjutkan aktivitas pekerjaan sejak berlakunya keadaan darurat tentu sangat mudah untuk dilakukan.

Terlepas dari semua ketidakpastian yang ditimbulkan oleh situasi ini, memiliki strategi digital memungkinkan kita untuk terus mengembangkan berbagai tugas dengan cara yang terdesentralisasi. Di sisi lain, ini juga memungkinkan perusahaan untuk memverifikasi bagaimana implementasi pekerjaan jarak jauh tidak menimbulkan penurunan produktivitas.

Dengan strategi digital manajemen asset tetap yang baik, tentu akan membantu tim manajemen aset Anda melakukan evaluasi kondisi aset ditengah pandemi COVID-19 ini. Anda bisa mengidentifikasi isu-isu yang ada pada aset Anda lebih dini dan menghindari berbagai kerusakan dengan melakukan pemantauan berkala.

Dengan menggunakan Fixed Asset Tracking Software untuk strategi digitalisasi manajemen aset pada perusahaan, tentunya pengecekan, perawatan, dan perbaikan dapat dijadwalkan secara otomatis. Sehingga berbagai masalah dapat terdeteksi dan kerusakan dapat dicegah lebih awal. Ini tentunya akan membantu memperpanjang masa hidup aset Anda.

Manfaat Manajemen Aset ditengah pandemi COVID-19

Di sisi lain, dengan memiliki informasi yang terpusat dan digital, memungkinkan Anda untuk memperbarui data kapanpun dan dimanapun. Di bawah ini adalah beberapa contoh nyata dari keuntungan dengan menerapkan digitalisasi manajemen aset tetap ditengah kondisi darurat COVID-19:

  • Memiliki gambaran seluruh aset tetap yang terdapat di pabrik, cabang atau kantor pusat perusahaan yang terkena dampak COVID-19 untuk menyusun skenario terbaik demi kelangsungan operasional perusahaan
  • Menyiapkan skenario yang berbeda berdasarkan perkiraan kembali ke aktivitas normal setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir dan pekerjaan apa yang harus dilakukan, dapat memprioritaskan sesuai dengan standar perusahaan
  • Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, Sistem manajemen aset tetap juga dapat dihubungkan dengan perangkat mobile sehingga membantu dalam operasional perusahaan dengan mudah dimanapun Anda berada