Pentingnya Manajemen Aset Tetap pada Industri Perhotelan

Manajemen aset tetap adalah proses pelacakan dan pemeliharaan aset dan peralatan fisik suatu perusahaan atau entitas. Jenis asset tetap meliputi kendaraan, komputer, furnitur, dan mesin.

Dengan Menggunakan Sistem Manajemem Aset yang baik, perusahaan atau entitas dapat:

  • Melacak dan memantau aset tetap
  • Mengawasi peralatan dan mesin di berbagai lokasi
  • Biaya perawatan asset bisa lebih rendah karena setiap kerusakan bisa segera terdeteksi lebih awal
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Menyimpan catatan aset disposal, aset yang dijual, dan asset yang dicuri atau hilang.

Manajemen aset tetap memungkinkan organisasi untuk memantau peralatan dan kendaraan, menilai kondisi asset, dan menjaga asset dalam kondisi yang baik. Dengan cara ini, perusahaan atau entitas dapat meminimalkan inventaris yang hilang, kerusakan peralatan, dan meningkatkan nilai umur manfaat aset.

aset tetap hotel

Pentingnya Manajemen Aset Tetap Pada Industri Perhotelan

 

Salah satu industri yang memiliki berbagai macam fixed asset adalah industri di bidang perhotelan. Kamar adalah salah satu bagian dari inventaris atau aset bagi pelaku bisnis perhotelan. Dalam satu kamar hotel terdapat berbagai macam aset, mulai dari tempat tidur, meja, lemari hingga vas bunga yang merupakan bagian dari aset dalam bisnis penyewaan kamar hotel. Jika tidak dikelola dengan baik, maka kemungkinan untuk kerusakan dan kehilangan yang tidak terdeteksi akan terjadi. Untuk mempermudah pelacakan setiap jenis aset tetap pada hotel tersebut, diperlukan suatu software yang dapat membantu memantau setiap pergerakan aset tersebut dan memastikan aset tetap pada hotel tersebut berfungsi dan berada di tempat yang seharusnya.

Asset Manager adalah seseorang yang biasanya bertanggung jawab untuk memantau aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Aset dapat berupa peralatan, mesin, atau bahkan bangunan (hotel) yang digunakan secara teratur.

Peran Asset Manager sangatlah penting untuk mengoptimalkan semua proses yang terjadi, dengan satu tujuan yaitu menghasilkan profit yang maksimal. Tentunya untuk efisiensi pekerjaan seorang Asset Manager, perusahaan memerlukan penggunaan perangkat lunak khusus, yang dapat membantu untuk memantau berbagai aset yang berbeda yang pada dasarnya penting untuk keberlangsungan perusahaan.

Para pelaku bisnis perhotelan yang tidak menggunakan sistem manajemen asset yang baik akan sangat kesulitan untuk mengelola properti mereka. Oleh sebab itu, software Fixed Asset Management sangat memainkan peran penting dalam bisnis penyewaan hotel.

Teknologi yang biasa digunakan untuk tracking fixed asset atau inventory biasanya dinamakan teknologi Auto ID (Auto Identification) atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah AIDC (Automatic Identification Data Capture). Apa saja yang termasuk dalam teknologi ini? Cukup banyak. Seperti Barcode, RFID, Smart Card, Biometric dan Magnetic Stripe. Sebagai contoh dengan memanfaatkan teknologi barcode system, setiap fixed asset yang akan kita beri identitas yang kemudian dicetak dalam bentuk label barcode dan ditempel pada fisik aset. Nantinya, setiap item asset yang di scan akan menampilkan berbagai macam informasi yang nantinya bisa diolah oleh software fixed asset management. Tentunya teknologi ini bisa di implementasikan di berbagai macam industri termasuk industri perhotelan.