Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web

Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web adalah sistem aplikasi manajemen yang digunakan untuk mengelola semua aset yang dimiliki oleh perusahaan sebagai penunjang kinerja perusaahan.

Aset – aset tersebut adalah bangunan, tanah, mesin, alat-alat elektronik dan komunikasi, kendaraan atau kategori aset lainnya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntasi Pemerintahan Nomor 07.

Dapat dipastikan bahwa aset suatu perusahaan akan bertambah dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya perusahaan tersebut. Aset adalah barang tidak habis pakai (non consumable) yang dimiliki oleh perusahaan dengan umur lebih dari 12 bulan.

Dalam mengelola aset dibutuhkan pengelolaan serta manajemen yang baik agar aset mudah dimonitor dan ditelusuri.

Kebutuhan informasi mengenai data suatu aset sangatlah penting guna untuk memperbaiki kinerja atau efisiensi di dalam suatu perusahaan

Perlu diingat! Sangat tidak dianjurkan dalam mengelola aset menggunakan cara manual seperti menggunakan excel sebagai pencatatan aset.

sistem informasi manajemen aset

Image Source Freepik.com

Karena excel tidak dapat men – tracking serta memberikan histori – histori yang terjadi pada aset, seperti perpindah tempat, person in charge, department, status, serta kondisi aset ataupun perbaikan aset dan lain sebagainya.

Tingkat kesulitan yang tinggi dapat dirasakan ketika anda ingin melakukan audit dan inventarisasi aset jika masih menggunakan cara manual.

Serta Baca Juga 7 Kerugian Menggunakan Microsoft Excel Sebagai Pencatatan Asset

Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web

VemaFATS adalah sistem informasi aset berbasis web yang memiliki beberapa keunggulan dibanding software asset manajemen lainnya. Keunggulan yang pertama adalah aplikasi ini berbasis web yang dapat mentracking aset – aset yang anda miliki dengan mudah.

Baca Juga Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Aset Berbasis Web

Anda dapat mengakses aplikasi serta mengupdate informasi aset yang anda miliki dari mana saja dan kapan saja selama terhubung internet dengan menggunakan web browser..

sistem manajemen informasi aset

Image Source Freepik.com

Serta dengan adanya user management anda dapat berkolaborasi dengan team yang ditugaskan dalam mengelola aset di perusahaan anda, untuk mendapatkan serta mengupdate informasi aset sedetail mungkin.

 

Sistem Informasi Manajemen Aset menggunakan Teknologi Barcode / QR Code

Keunggulan lainnya adalah sistem manajemen informasi aset VemaFATS menggunakan teknologi qr code dan dalam hal ini manfaatnya akan sangat terasa pada saat pengelolaan aset.

Sistem Informasi Manajemen Aset menggunakan Teknologi Barcode / QR Code

Source Image Freepik.com

Qr code tersebut akan di print ke label khusus aset yang akan ditempelkan ke setiap aset – aset yang anda miliki. Hal ini akan mempermudah anda ketika melakukan inventaris aset.

Karena sistem VemaFATS berbasis web terintegrasi langsung dengan aplikasi mobile yang akan di install pada handphone atau barcode scanner berbasis android.

Sistem Informasi Manajemen Aset dengan Aplikasi Mobile

Dengan aplikasi mobile yang terinstall di handphone atau barcode scanner berbasis android, anda dapat melakukan audit, mengecek aset di tempat aset itu berada, serta melakukan inventaris aset dengan cepat dan mudah.

Cukup scan aset yang anda miliki dan secara otomatis aset yang sudah terscan tersebut akan muncul pada aplikasi berbasis web based. Sehingga mempermudah anda dalam melakukan generate report aset apa saja yang sudah di inventarisasi.

Sistem Informasi Manajemen Aset dengan Aplikasi Mobile

Source Image Freepik.com

VemaFATS sendiri memiliki banyak fitur, sepertii depresiasi, maintenance, melakukan print langsung ke label khusus aset dari aplikasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi page apa saja fitur VemaFATS.

Silahkan hubungi kami di kontak yang tertera jika anda membutuhkan konsultasi dalam permasalahan pengelolaan aset yang anda miliki.