Mengenal Cloud Computing dan Keuntungannya bagi Perusahaan

Istilah cloud computing atau komputasi awan mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Tetapi, teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000, ketika internet dijadikan sebagai pusat data seperti sekarang dan sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penggunaan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika e-mail tersimpan di Gmail atau dokumen tersimpan Di Google Drive. Bahkan, media sosial seperti Facebook dan Twitter sebenarnya adalah layanan cloud untuk menyimpan postingan status kita.

cloud computing

Mengapa konsep ini disebut cloud computing? Dalam menjalankan proses komputasi, komputer menggunakan RAM, CPU, storage, dan sistem operasi. Kemudian, istilah “cloud” dalam cloud computing mewakili konsep internet yang digunakan untuk mengaksesnya. Jadi, cloud computing adalah penggabungan dari teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan yang menggunakan cloud (awan) sebagai perantaranya.

Ada beberapa keuntungan dari cloud computing yaitu:

  • Data terpusat

Salah satu yang bisa dianggap keunggulan teknologi ini adalah data terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses mesin cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet. Misalnya, jika Anda memiliki data di cloud server yang sinkron antara komputer di perusahaan dan di smartphone. Anda bisa mengakses data tsb di waktu yang sama karena data anda sudah menggunakan server berbasis cloud.

  • Fleksibel

Teknologi ini memiliki fleksibilitas dengan memudahkan dalam mengakses data anda di mana pun dan kapan pun jika terhubung dengan jaringan layanan/internet. Misalkan, jika Anda dapat mengakses data yang tersimpan di cloud server dari komputer perusahaan, Anda juga dapat mengakses data tsb dari smartphone atau perangkat lain yang terhubung dengan internet.

  • Memiliki skalabilitas yang tinggi

Keuntungan lainnya, Anda dapat menambah atau mengurangi spesifikasi/sumber daya dari kapasitas server yang digunakan. Misal, jika RAM Anda penuh karena banyaknya yang mengakses aplikasi Anda, Anda tidak perlu membeli RAM baru, tetapi cukup meminta kepada cloud provider untuk menambah/upgrade beberapa GB saja. Selain itu Anda juga dapat mengurangi/downgrade RAM ke spesifikasi semula.

  • Investasi

Dengan teknologi cloud computing, Anda dapat menghemat biaya investasi untuk membeli sebuah server/komputer fisik. Misal, jika Anda memiliki perusahaan dan membutuhkan sumber daya yang besar dalam menjalankan aplikasi, Anda tidak perlu membeli hard drive baru dan tidak perlu juga memikirkan biaya-biaya lainnya seperti maintenance, listrik, lisensi, dan lain-lain. Alhasil, Anda dapat berorientasi pada profit dan perkembangan bisnis.

Mengimplementasikan teknologi ini untuk perusahaan anda dapat membantu mengurangi kebutuhan pemeliharaan.  Jadi, anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan jadwal perbaikan. Aplikasi VemaFATS telah menggunakan teknologi berbasis cloud sehingga memudahkan perusahaan serta mendapatkan keuntungan dari investasi pembelian infrastruktur server yang tidak perlu dan berlebihan untuk hanya sekedar menampung dan menjalankan aplikasi manajemen fixed asset anda.